Bagi para pelapor tindak pidana dan mereka yang memiliki informasi sensitif bagi kepentingan publik kini dapat dengan aman dan rahasia berbagi info, dokumen, dan data dengan para editor dan jurnalis di Jaringan Investigasi Hutan Hujan Pulitzer Center.

Read in English | Leer en español | Ler em português | Lir en français | 中文版

JIH merupakan jaringan para jurnalis investigasi yang didedikasikan untuk mengungkap penyebab dan aktor utama di balik deforestasi skala industri di Amazon, Basin Kongo, dan Asia Tenggara.

Tim editor kami di Pulitzer Center akan meninjau semua informasi yang diterima dan akan menemukan mitra yang tepat dalam jaringan kami untuk menindaklanjuti dengan memberikan masukan. Jaringan ini terdiri dari jurnalis lokal terkemuka dan outlet media global, termasuk The New York Times, El Pais, Bloomberg, dan NBC News.

Dengan menyediakan jalur aman untuk mengirimkan dokumen, petunjuk, dan informasi, kami bertujuan untuk mengungkapkan segala kejahatan lingkungan, celah hukum, dan praktik korupsi yang mengancam tiga hutan hujan terbesar di dunia tersebut. 

Komitmen kami adalah melakukan yang terbaik untuk melindungi dan menjamin kerahasiaan sumber kami.

Berikut beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk berbagi informasi dengan kami:

Menggunakan SecureDrop

Beberapa langkah saat menggunakan SecureDrop:

  1. Unduh Peramban The Tor untuk sistem operasi Anda di sini
  2. Setelah selesai mengunduh, navigasikan ke URL Onion
  3. Pada layar, Anda akan diminta untuk mengirimkan konten atau memeriksa pesan. Jika mengirimkan untuk pertama kalinya, mohon menuliskan alias rahasia SecureDrop Anda. SecureDrop memberikan kode rahasia atau nama alias kepada mereka yang menggunakan alat ini untuk melindungi identitas Anda dan untuk masuk kembali ke halaman kiriman Anda untuk melihat apakah ada korespondensi dari para jurnalis Jaringan Hutan Hujan. Tanpa nama kode rahasia/alias, Anda tidak akan dapat masuk dan melihat apakah ada balasan atas kiriman Anda.

Menggunakan Signal

RIN memiliki nomor Signal khusus yang hanya akan digunakan untuk meninjau informasi yang dibagikan oleh publik kepada kami: +55 (11) 94214-3178.

Menggunakan Email Terenkripsi

Anda juga dapat mengirimkan email terenkripsi kepada kami ke : leaks@pulitzercenter.org

PGP publik kami bisa dicek di sini.

Menggunakan pos surat

​​Apabila ingin menghindari penggunaan sarana digital apa pun, Anda dapat mengirimkan informasi ke alamat :

1779 Massachusetts Avenue NW, Suite 615
Washington, DC 20036, USA

With attention to: Rainforest Investigations Network (RIN)

Kenapa ini penting

Beberapa artikel penting dalam beberapa dekade terakhir terjadi karena kolaborasi orang-orang yang berani membongkar kejahatan dengan informasi sensitif bagi kepentingan publik kepada para jurnalis investigasi.

Dalam keadaan darurat iklim saat ini, kami percaya bahwa Jaringan Investigasi Hutan Hujan dapat menyediakan tempat penting untuk mengungkap kejahatan lingkungan dan dampaknya terhadap komunitas lokal dan global.

Apa yang terjadi setelah Anda berbagi informasi dengan JIH

Semua informasi yang diterima oleh JIH akan ditinjau secara internal oleh jaringan editor di Pulitzer Center. Ini akan memungkinkan kami untuk mengidentifikasi siapa di antara anggota jaringan yang terbaik untuk memverifikasi, memvalidasi, dan, jika layak, melaporkan kepada kami.

Tim JIH terdiri dari editor, peneliti, dan analis data dengan pengalaman luas dalam kolaborasi investigasi lintas batas terkait dengan aliran uang, kejahatan korporasi dan pemerintah, dan kejahatan lingkungan. Editor eksekutif Pulitzer Center, Marina Walker Guevara, ikut memimpin beberapa investigasi paling penting Konsorsium Investigasi Internasional (ICIJ), termasuk Panama Papers dan Paradise Papers.

Apa itu SecureDrop?

SecureDrop adalah sistem pelaporan terbuka oleh organisasi berita untuk menerima dokumen dan info dari sumber dengan aman dan anonim. Organisasi berita di seluruh dunia menggunakan alat ini untuk terhubung dengan individu dan grup yang ingin berbagi data dan dokumen.

SecureDrop menghapus akses pihak ketiga untuk meminimalkan jejak digital dan mengurangi metadata yang dikumpulkan pada pengguna. SecureDrop beroperasi di peramban Tor. Tor ini mengenkripsi data Anda tiga kali untuk menghapus jejak digital Anda saat menggunakan peramban.

Terakhir, SecureDrop bekerja dengan sistem operasi Tails untuk sepenuhnya menghapus jejak apa pun di mesin kami setelah kami mematikannya.

Informasi lebih lanjut soal SecureDrop, bisa klik di sini.  

Informasi lebih lanjut soal Tor, bisa klik di sini.