Translate page with Google

Pulitzer Center Update October 11, 2021

Q&A: Apa saja yang perlu diketahui untuk bergabung dengan Jaringan Investigasi Hutan Hujan?

Media: Author:
RIN logo

Pulitzer Center membuka kembali aplikasi untuk fellowships Jaringan Investigasi Hutan Hujan. Pada tahun kedua, jaringan ini akan memilih kelompok jurnalis baru untuk menerima dukungan keuangan dan editorial untuk investigasi isu-isu yang mendorong deforestasi di Amazon, Basin Kongo, dan Asia Tenggara.

Kami sangat senang melihat tingginya minat dari para jurnalis terhadap inisiatif ini. Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan (dan jawaban kami) untuk membantu proses pengajuan aplikasi. Jangan lupa : tenggat waktu untuk fellowships JIH adalah 15 Desember 2021.

 

Apa itu Jaringan Investigasi Hutan Hujan?

Jaringan Investigasi Hutan Hujan, atau JIH, merupakan inisiatif dari Pulitzer Center untuk memfasilitasi laporan investigasi lintas batas terkait dengan deforestasi, korupsi dan tata kelola pemerintahan. Kami meyakini bahwa kehancuran dari hutan hujan tropis di Amazon, Basin Kongo dan Asia Tenggara merupakan kisah-kisah yang memiliki urgensi tinggi saat ini. Jaringan ini akan menguak soal koneksi deforestasi skala industri dengan rantai suplai global, celah hukum, dan aliran dana ilegal.

 

Siapa saja yang bisa berpartisipasi? Jurnalis tetap atau freelance?

Jurnalis tetap dan freelance bisa berpartisipasi. Kami mencari reporter investigasi yang berpengalaman, memiliki ketertarikan tinggi terhadap isu bisnis dan lingkungan hidup, dan bersedia bekerja kolaborasi dengan jurnalis lainnya.

 

Apakah saya perlu tinggal di kawasan hutan hujan untuk berpartisipasi?

Kami ingin merekrut Fellows ke dalam 2 kategori : Fellow regional dan global. Fellow regional harus berbasis di negara-negara yang memiliki hutan hujan tropis di Amazon, Basin Kongo atau Asia Tenggara. Pengecualian bisa terjadi untuk aturan ini apabila proposal yang berasal dari negara tetangga bisa menjelaskan hubungan antara negara tersebut dengan negara hutan hujan. Fellow global bisa berasal dari negara manapun di dunia; mereka harus bekerja (atau berada di bawah naungan) organisasi media yang memiliki jangkauan global. 

 

Apa yang didapatkan saat menjadi fellow?

  • Pulitzer Center akan memberikan gaji selama setahun. Organisasi media tempat Anda bekerja juga akan mendapatkan dukungan dana (lihat keterangan di bawah)
  • Anda akan bekerja dengan grup jurnalis papan atas dari seluruh dunia untuk artikel-artikel yang memiliki dampak regional dan global.
  • Pulitzer Center akan menyediakan koordinasi, pelatihan spesialisasi, dan dukungan data kepada jaringan. 

 

Dapatkah saya mengirimkan proposal tanpa dukungan dari suatu media?

Tidak. Anda harus menyertakan surat pernyataan dukungan dari organisasi media tempat Anda bekerja atau yang setuju untuk menerima Anda selama masa fellowship, terlepas Anda mengirim proposal sebagai freelance atau jurnalis tetap.

 

Apakah bisa mengirimkan proposal sebagai tim atau melalui editor?

Tidak. Semua proposal harus diserahkan oleh pelamar fellowships. Setelah Anda menjadi Fellow, dimungkinkan untuk mengundang kolega dari redaksi Anda (yang sedang mengerjakan proyek Anda) untuk bergabung dengan beberapa aktivitas di jaringan.

 

Berapa dana yang akan diterima oleh Fellow?

Tidak ada jumlah yang sudah ditentukan. Kami akan menentukan gaji tahunan reporter di suatu negara tertentu setelah berbincang dengan fellow dan outlet media tempat Fellow berada.

 

Berapa lama fellowship berlangsung?

Fellowship ini berlangsung selama setahun dengan kemungkinan perpanjangan berdasarkan capaian kinerja.

 

Apakah ada dana untuk perjalanan?

Outlet media yang menaungi fellow akan menerima $10.000 untuk biaya perjalanan dan editorial lainnya.

 

Harus seberapa detail proposal proyek saya?

Proposal Anda harus bisa memperlihatkan hasil penelitian awal yang substansial terkait cerita yang ingin dikejar, termasuk hipotesis yang menjadi panduan cara bekerja, sumber data, dan metodologi investigasi. Tidak perlu memberikan detail tentang berapa artikel yang akan dihasilkan, namun kami ingin melihat apakah rencana peliputan tersebut ambisius, koheren, dan realistis. 

Kami menghargai pelaporan eksplanatori dan bentuk jurnalisme mendalam lainnya, tetapi fokus kami adalah pada laporan investigasi yang mengungkap kesalahan sistemik dan/atau penyalahgunaan yang tidak diketahui atau disembunyikan.

 

Apakah saya harus mengkhususkan diri berdedikasi untuk proyek investigasi ini?

Iya. Kami berharap ini menjadi komitmen pelaporan yang utama dari para Fellow selama setahun.

 

Apakah ada target untuk seberapa seringnya publikasi?

Tidak ada ketentuan soal frekuensi. Laju publikasi akan ditentukan oleh para editor dari outlet-outlet media yang menaungi Fellow.

 

Kolaborasi semacam apa yang akan terjalin antar fellow?

JIH memiliki prinsip kolaborasi dan berbagi data, keahlian, serta metode investigasi yang akan menghasilkan cerita yang lebih kuat dengan dampak regional dan global. Sembari para Fellow akan mengejar investigasi mereka masing-masing, maka kami mengharapkan kolaborasi kuat antar Fellow dan pelaporan bersama lintas regional ketika ada berita besar yang memang membutuhkannya.

 

Apa perbedaan antara JIH dan Dana Hibah Jurnalisme Hutan Hujan (RJF)?

JIH dan RJF merupakan inisiatif yang mirip secara tema, namun mereka beroperasi secara independen dan menggunakan pendekatan yang berbeda. Dana Hibah Jurnalisme Hutan Hujan mencari dukungan untuk cerita tertentu terkait dengan hutan hujan, sementara JIH memiliki fokus proyek jangka panjang dan pendekatan yang kolaboratif dan investigasi lintas regional.

 

Siapa pendukung dana utama dari jaringan ini?

JIH mendapatkan dana dari Norway’s International Climate and Forests Initiative.

 

Apa peran Pulitzer Center dalam proses editorial?

Pulitzer Center akan berkoordinasi dan mendukung jaringan, terutama untuk support data, namun fellow dan outlet media memiliki independensi editorial secara total dalam melakukan kerja mereka. Fellow bisa meminta panduan dan sara dari para editor JIH apabila diperlukan.

 

Apakah independensi editorial terjamin?

Sepenuhnya. Tanpa batasan apapun.

 

Bagaimana cara mengirimkan proposal saya?

Proposal dapat dikirimkan melalui form daring ini. Diharapkan tulisan dalam bahasa Inggris, namun kami juga menerima proposal dalam Bahasa Indonesia, Spanyol, Prancis dan Portugis.

 

Kapan tenggat waktu untuk fellowship JIH ini?

Proposal akan direview dan wawancara akan dijadwalkan secara bergiliran. Sangat dianjurkan untuk menyerahkan proposal lebih awal. Hari terakhir untuk mengajukan proposal adalah 15 Desember 2021, 11:59 WIB.

 

Apabila ada pertanyaan, silahkan kontak Gustavo Faleiros di gfaleiros@pulitzercenter.org atau Jelter Meers di jmeers@pulitzercenter.org 

RELATED INITIATIVES

Four lines of rainforest foliage in differing shades of green. Text: Rainforest Investigations Network

Initiative

Rainforest Investigations Network

Rainforest Investigations Network

RELATED ISSUES

Rainforests

Issue

Rainforests

Rainforests
A yellow elephant

Issue

Environment and Climate Change

Environment and Climate Change

RELATED CONTENT